Minggu, 03 November 2019

Kuliner Tradisional



Kuliner tradisional Indonesia adalah semua jenis masakan yang berasal dari berbagai daerah di seluruh Indonesia. Resep dan cara pembuatan kuliner tradisional biasanya bersifat turun temurun. Rasa kuliner tradisional yang khas dari satu daerah akan berbeda dengan daerah lainnya

Makanan tradisional adalah makanan yang biasa dikonsumsi oleh masyarakat tertentu, dengan cita rasa khas yang diterima oleh masyrakat tertentu.

Berbicara mengenai makanan tradisional akan berkaitan dengan rasa yang khas. Bagi masyarakat Indonesia umumnya amat diyakini khasiat aneka pangan tradisional, bahan bahan dari makanan tradisional seperti tempe, tahu, bawang putih, madu, temu lawak, , kacang hijau, ikan laut, ikan darat dan lain-lain. Bahan-bahan yang alami, bergizi tinggi, sehat dan aman, murah dan mudah didapat, sesuai dengan selera masyarakat sehingga diyakini punya potensi yang baik sebagai makanan yang sehat.

Makanan tradisional Indonesia dipengaruhi oleh kebiasaan makan masyarakat dan menyatu di dalam sistem sosial budaya berbagai golongan etnik di daerah-daerah. Makanan tersebut disukai , karena rasa, tekstur dan aroma nya sesuai dengan selera nya. Demikian juga dengan kebiasaan makan khas daerah umumnya tidak mudah berubah, walaupun anggota etnik bersangkutan pindah ke daerah lain.

Dengan beragam dan bervariasi nya bahan dasar, maka dapat dihasilkan bermacam- macam jenis makanan tradisional yang sedemikian rupa sehingga menjadi makanan yang lezat dan gizi seimbang. Demikian juga cara pengolahan nya dilakukan dengan beragam dan bervariasi seperti: Dengan membakar/memanggang, pengasapan, pemepesan, pengukusan, menggoreng dan menumis, dan lain lain.
Indonesia adalah Negara kepulauan yang memiliki banyak suku, otomatis sangat banyak juga makanan tradisional yang ada di Indonesia, Namun makanan khas Indonesia sendiri pada awalnya juga dipengaruhi oleh budaya luar, karena pada jaman dahulu banyak bangsawan dari Negara lain yang berdagang ke Indonesia, disitulah makanan – makanan khas mulai terbentuk.

Makanan tradisional yang ada di Indonesia sangat unik dari rasa, tekstur, bentuk, dan aromanya. Setiap daerah di Indonesia memiliki makanan khas, Indonesia merupakan Negara yang memiliki banyak sekali suku suku, bayangkan saja jika 1 suku punya 1 maknana khas, banyaaak sekali makanan khas yang ada di Indonesia, dan biasanya setiap makanan khas memiliki nilai historisnya masing masing.




1 komentar:

  1. Blog nya bagus dan menarik , kontennya tentang kuliner lagi saya sangat suka dengan blog anda

    BalasHapus

Kuliner Tradisional

Kuliner tradisional Indonesia adalah semua jenis masakan yang berasal dari berbagai daerah di seluruh Indonesia. Resep dan cara pembuata...